Wednesday, December 16, 2015

Inspirasi Resep Makanan Selingan Untuk Anak Bersama Susu Morinaga Chil-Go!




http://www.dapurrebellina.blogspot.com
foto milik pribadi rebellinasanty.blogspot.com dan dapurrebellina.blogspot.com


Setiap ibu pastilah akan  berusaha mewujudkan generasi multitalenta yang sehat jasmani dan rohani. Terutama saat masa keemasan tumbuh kembangnya dari usia 0- 12 tahun. Pada masa itu dibutuhkan kecukupan asupan zat gizi yang sesuai dengan kebutuhannya . Kecukupan zat nutrisi sangat berpengaruh pada kondisi kesehatannya secara berkesinambungan . Kebutuhan nutrisi tersebut akan dipenuhi jika konsumsi makan anak sesuai dengan keseimbangan nutrisi yang dianjurkan sesuai usia anak.

Itu juga yang menjadi perhatian saya sebagai Ibu terhadap putra putri saya, terutama Ai (8) dan Adek (5). Periode yang mereka jalani saat ini adalah periode keemasan perkembangan otak anak, terutama fungsi kognitif. Salah satu upaya saya mendukung tumbuh kembang mereka secara optimal, adalah dengan menyediakan makanan yang berkualitas sesuai kebutuhan mereka.
http://www.dapurrebellina.blogspot.com
brosur mengenai susu cair Morinaga Chil-Go!.oto milik pribadi rebellinasanty.blogspot.com dan dapurrebellina.blogspot.com

Namanya Ibu, . pastinya menginginkan yang terbaik untuk putra putrinya. Apalagi Ai dan Adek termasuk anak yang aktif, dan suka bermain di luar rumah. Kecukupan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembanganya tidak cukup diperoleh dari hanya  3 kali makan utama. Harus ada makanan selingan, alias kudapan atau camilan sebagai pendamping makan utama. Tahu sendiri, lambung anak kecil pasti beda dengan lambung orang dewasa, jadi daya tampungnya amat terbatas. Karenanya, harus diisi sedikit demi sedikit agar selain kebutuhannya akan nutrisi yang baik terpenuhi, juga proses pengolahan makanan pun tak kelewat membebani kerja organ pencernaannya.

Walau pun namanya makanan selingan,  tetap saja tidak asal pilih makanan. Saya sangat perduli akan hal ini, karena itu saya melarang Ai dan Adek jajan sembarangan. Sebagai konsekwensinya, saya harus rajin membuatkan mereka makanan selingan. Selain dinikmati di lingkungan rumah, juga sebagai bekal camilan Ai dan kakaknya saat ke sekolah. Dan memang, sejak anak-anak masih balita, saya sudah terbiasa membuat sendiri makanan camilan buat mereka.


Perhatikan kandungan Nutrisinya
Dalam menyiapkan makanan selingan anak-anak, terutama Ai dan Adek , pemilihan bahan dan jenis kudapan harus benar-benar mengandung zat gizi, termasuk vitamin dan mineral. Selain camilan, saya juga menyediakan susu untuk mendukung tumbuh kembang mereka.

Syukurlah kini ada susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! yang memenuhi kriteria pendukung kecukupan nutrisi untuk mereka. Tahu sendiri khan periode emas perkembangan otak anak, terutama pada fungsi  kognitif masih berlangsung hingga usia 12 tahun, persis seperti masa-masanya Ai dan Adek saat ini. Untuk periode perkembangan kognitif ini, dibutuhkan Kolin dan Inositol,yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara dan gerakan sadar. Sedangkan  Vitamin B Kompleks, Zat Besi dan Yodium sangat dibutuhkan merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak.*

Agar pada masa periode emas ini anak tumbuh otimal,juga perlu ditunjang dengan daya tahan tubuh yang prima. Susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! memasukkan prebiotik 1000 mg. Zinc, Kalsium Tinggi, Vitamin A,C, dan E di dalam susu cair pertumbuhan ini sebagai nutrisi penujang daya tahan tubuh.
Prebiotik 100 mg merupakan makanan bagi bakteri baik yang berguna untuk saluran pencernaan anak, Zink, membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, Tinggi Kalsium untuk pembentukan gigi dan tulang, serta Vit A.C, dan E yang berfungsi melindungi sel tubuh agar berfungsi dengan baik. *

Lengkap  banget ya kandungan nutrisinya. Tak hanya itu, rasa susu cair pertumbuhan ini juga enak. Tersedia dalam 3 varian rasa, yakni coklat, stroberi, dan vanila. Ketiga rasa tersebut semuanya disukai Ai dan Adek.
http://www.dapurrebellina.blogspot.com
foto diambil dari: rebellinasanty.blogspot.com

“Semua rasanya enak” kata Ai saat saya tanya rasa apa yang paling dia suka.
“Kalau Adek  lebih suka yang vanila,” kata Si Bungsu tak mau kalah.

Enggak heran sih. Susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go!  dalam botol mungil ukuran 140 ml ini merupakan produk inovasi baru dari Kalbe & Morinaga yang merupakan bagian dari fungsi manufacturing untuk Kalbe Nutritional.
http://www.dapurrebellina.blogspot.com
logo Perusahaan kalbe Nutritionals


Sebagai perusahaan berskala Nasional dan Internasional, Kalbe Nutritional selalu berkomitmen untuk memproduksi produk-produk nutrisi berkualitas terbaik. Dan untuk mewujudkannya, Kalbe Nutritional menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan nutrisi terkemuka, salah satunya dengan  Morinaga Milk Industry Co.Ltd (Morinaga Jepang) yang menghasilkan produk nutrisi terbaik seperti susu Morinaga yang berfokus pada produk susu formula untuk bayi dan anak.

Dengan misi : We provide wellness to millions, Kalbe Nutritional berupaya menyediakan produk dan layanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan pedoman tersebut Kalbe Nutritional tanpa henti mendayagunakan kemajuan ilmu pengetahuan demi memberikan produk dan layanan kesehatan terbaik bagi jutaaan masyarakat Indonesa khususnya, dan dunia umumnya. Salah satu inovasi unggulan terbaru Kalbe Nutritional ini adalah susu cair pertumbuhan MorinagaChil-Go! dalam kemasan botol plastik 140 ml.**

http://www.dapurrebellina.blogspot.com
Logo Morinaga Chil-Go!



Makin yakin deh dengan kualitas susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! ini. Tak semata rasa, juga kandungan nutrisnya yang lengkap menjadikan susu cair pertumbuhan ini cocok sebagai pendamping makanan utama anak-anak, sekaligus bisa jadi teman bekal anak ke sekolah. 

Karena dalam susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! ini sudah terdapat kandungan nutrisi yang dibutuhkan anak-anak, saya pun terinsirasi untuk membuatkan bekal makanan selingan dengan bahan susu Morinaga Chil-Go! Dan alhamdulillah, uji coba beberapa resep makanan selingan dengan bahan dari susu Morinaga Chil-Go!, semuanya disukai anak-anak.

Mulai dari bubur susu yang sangat mudah pembuatannya, sampai tompoes puff pastry yang agak sulit karena kulit pastrynya saya buat sendiri. Berniat mau coba membuat sendiri camilan sehat buat anak-anak kita? Menyimak resep-resep yang saya bagi di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Mommy...


Bubur Susu Morinaga Chil-Go! 

http://www.dapurrebellina.blogspot.com
Foto step by step pembuatan bubur susu. Model: Adek, generasi multitalenta di masa depan :) Foto milik pribadi dapurrebellina.blogspot.com dan rebellinasanty.blogspot.com


Bahan:
2 sendok makan tepung terigu
1 botol susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go!  rasa strawbery (bisa rasa apa saja, sesuaikan dengan selera anak)
1 sendok makan gula pasir

Caranya
Campur semua bahan dan masak sampai kental dan meletup-letup pertanda matang.  Sajikan hangat.

Mudah, bukan? Karena mudahnya, Si Bungsu Adek meminta untuk melakukannya sendiri, kecuali saat memasaknya di atas kompor. Begitu selesai, Adek bilang ,"Bubur Susu Morinaga Chil-Go! rasa strawbery enak! Mantap deh, Bun!” katanya.

Bubur ini juga enak dan praktis diberikan pada anak yang sedang kurang fit karena sakit tenggorokan atau sariawan.

Bitterbalen Ayam Keju Morinaga Chil-Go!
http://www.dapurrebellina.blogspot.com
Foto step by step pembuatn bitterbalen ayam keju Morinaga Chil-Go!. Foto milik pribadi dapurrebellina.blogspot.com dan rebellinasanty.blogspot.com
Bahan:
3 sendok makan margarin
2 siung bawang putih, cincang halus
½ buah bawang bombay, cincang halus
100 gr daging ayam tanpa tulang, cincang halus
6 sendok makan tepung terigu
1 batang daun bawang, iris halus
2 botol susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! rasa vanila ukuran @140 ml
Sejumput garam
Merica, gula pasir, secukupnya
Pala (optional, bila tidak ada, skip saja)
50 gr keju cheddar, potong dadu kecil.

Pelapis:
2 putih telur, kocok lepas
100 gr tepung panir oranye

Cara membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan layu. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna

Masukkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal. Tambahkan susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go!  rasa vanila sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin.
Masukkan garam,gula, merica bubuk, dan pala. Tambahkan daun bawang dan keju. Aduk rata. Angkat dan dinginkan.

Setelah dingin, ambil sedikit adonan. Bentuk bulat. Celup ke dalam putih telur, lalu gulingkan di dalam tepung panir.

Goreng dalam minyak yang banyak dan sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
Siap menjadi makanan camilan buat anak-anak, dan atau bekal ke sekolah.

Bitterbalen Ayam Keju Morinaga Chil-Go! sangat cocok dibawa sebagai bekal kudapan anak di sekolah. Kandungan nutrisinya cukup lengkap, dan selain rasanya enak, juga cukup mengenyangkan sebagai teman anak beraktivitas sebelum jam makan utama.

Mangkuk Makaroni Keju Morinaga Chil-Go!
http://www.dapurrebellina.blogspot.com
Foto milik pribadi dapurrebellina.blogspot.com dan rebellinasanty.blogspot.com. Foto step by step pembuatan makaroni keju.Model oleh generasi multitalenta masa mendatang, Ai. 


Bahan:
150 gr makaroni yang telah direbus aldente/matang
3 buah sosis, potong kotak kecil
50 gr wortel, parut kasar, atau potong kecil-kecil
100 gr  keju parut
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
2 botol susu cair Morinaga Chil-Go! rasa vanila
50 gr tepung terigu
Garam,gula,merica secukupnya
2 sdm margarin, lelehkan.
50 gr keju parut untuk taburan
Mangkuk kertas secukupnya

Cara membuat:
Campur semua bahan jadi satu, kecuali untuk keju taburan. Aduk rata.
Siapkan mangkuk kertas dalam cetakan kue muffin. Tuang adonan makaroni ke dalamnya hingga ¾ penuh. Taburi dengan keju parut.
Panggang /oven hingga matang selama kurang lebih 30 menit.

Mudah dan cepat bukan? bahkan Ai pun bisa melakukannya kecuali dalam proses merebus makaroni dan memanggang adonannya.

Rasa kejunya terasa banget di lidah, ditambah gurih susu. Mangkuk Makaroni Keju Morinaga Chil-Go! cocok dijadikan bekal kudapan anak-anak saat sekolah. Bila ditempatkan dalam wadah alumunium foil yang lebih besar, maka jadilah hidangan sepinggan sebagai pengganti menu  nasi. Unsur karbo, serat, kalsium, dan protein sudah mencakup di dalam resep ini. Dan rasanya yang enak, pasti akan membuat anak-anak suka  dan ketagihan. Setidaknya, hal itu berlaku pada Kakak Sya, Ai, dan Adek. Bagi mereka, satu cup mangkuk makaroni keju tidak akan cukup!

Resep lainnya yang bisa dijadikan inspirasi bagi Ibu-ibu untuk membuat makanan selingan yang sehat adalah tompoes. Tompoes adalah salah satu resep pastry klasik. Walau sedikit rumit, tapi hasil jadinya sangat layak buat acara kumpul keluarga atau untuk arisan. Untuk kudapan anak di sela waktu makan utama juga ok-ok saja. Asal pastikan anak-anak makannya tidak terlalu banyak. Khawatir kekenyangan sampai waktu makan utama tiba :)

Mau tahu resep pastry klasik ini: Simak tulisan di bawah ini:

Tompoes Isi vla Morinaga Chil-Go! Rasa Strawberry

http://www.dapurrebellina.blogspot.com
Foto milik pribadi dapurrebellina.blogspot.com dan rebellinasanty.blogspot.com. Tompoes isi vla strwbery Morinaga Chil-Go!

Bahan:
Kulit pastry siap pakai, atau: 1 adonan puff pastry  (resep pembuatan kulit pastry di: http://rebellinasanty.blogspot.co.id/2014/12/resep-dasar-puff-pastry-berlapis-lapis.html)

Bahan vla Morinaga Chil-Go! rasa strawbery:

1 botol susu cair pertumbuhan Morinaga Chill-Go! rasa strawberry isi 140 ml
50 gr gula pasir
1/4 sdt vanili bubuk
25 gr tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
2 kuning telur, kocok

Cara membuat:
Panaskan oven.
Olesi loyang datar dengan air. Gilas adonan puff pastry menjadi bentuk lembaran berukuran 20 x 35 cm dengan tebal kurang lebih ½ cm.
Potong dengan pisau tajam menjadi bentuk persegi ukuran 5x7 cm atau sesuai selera.
Letakkan potongan puff pastry di atas loyang , panggang sampai pastry mengembang dan matang.
Keluarkan, dari oven dan sisihkan

Vla susu Morinaga Chil-Go! rasa strawbery:
Masak susu, gula, dan vanili di atas api kecil hingga mendidih dan gula larut. Masukkan larutan maizena secara perlahan sambil diaduk hingga mengental.

Ambil sedikit adonan, masukkan ke dalam kocokan kucing telur. Aduk rata. Masukkan kembali ke dalam adonan yang di dalam panci. Aduk kembali hingga matang. Angkat. 
Setelah dingin, masukkan dalam plastik segitiga.

Penyelesaian
Ambil sepotong tompoes yang sudah matang. Lepaskan lembarannya menggunakan pisau tajam hingga menjadi tiga bagian. Semprotkan tiap bagian dengan vla strawbery Morinaga Chil-Go!
Tumpuk kembali hingga menjadi satu.
Lakukan pada potongan yang lain hingga habis

Taburi permukaan puff pastry dengan gula bubuk. Siap santap bersama keluarga.

Kudapan klasik dari jenis pastry ini termasuk agak sedikit perlu waktu saat pembuatan kulit pastrynya. Tapi hasilnya sepadan. Rasa pastry yang gurih dan flaky,berpadu dengan manis vla rasa strawbery dari susu cair Morinaga Chil-Go! Oh ya, step by step tahan pembuatan vla untuk tompoes, tidak sempat saya ambil fotonya.Jadi, foto hasil jadinya saja dulu ya :)

Untuk bawaan bekal ke sekolah, membawa tompoes kurang tepat, karena tompoes ini gampang hancur bila ditempatkan dalam kotak bekal yang mudah terguncang-guncang letaknya. Dan juga bila sudah diberi isian vla, harus segera dimakan, karena kalau tidak pastry akan akan melempem, tidak flaky lagi.

 Eaknya sih makan kudapan ini saat kumpul keluarga. Seperti di keluarga saya. Saya dan suami mengudap tompoes ini ditemani kopi, sedangkan anak-anak sembari main di sekitar kita, juga menikmati tompoes sambil minum susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go!. Klop khan?

Oh ya,bila menginginkan tompoes tetap renyah dalam waktu lama, simpan tompoes dalam keadaan kosong tanpa isian vla, di dalam wadah yang tertutup. Saat hendak digunakan, baru diberi isian. Dengan cara begini, pastry ini akan tetap bisa bertahan flaky/kering selama seminggu lebih. Setidaknya, itu berdasarkan pengalaman saya.

 nah, cukup lengkap bukan resep-resep yang bisa menjadi ispirasi sahabat untuk membuat kudapan yang sehat untuk anak? Apalagi di salah satu komponen bahannya ada susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! Pastinya kandungan nutrisi kudapan untuk anak ini terjamin kualitasnya. Di coba yuk...


Selamat mencoba..demi generasi sehat penuh talenta.

*   : Brosur Susu Cair Pertumbuhan Morinaga Chil-Go!




.













3 comments:

  1. enak banget mak keliatannya, kreatif :)

    ReplyDelete
  2. Harganya memang hampir 2x lipat susu yang Rayyaan biasa minum he he, tapi sekali-kali mau nyoba deh.

    ReplyDelete
  3. Terimkasih artikelnya bagus sekali,
    kami selaku mitra usaha peternak, koperasi atau perusahaan bersedia membantu dalam penyediaan milkcan dan ember perah susu stainless dan alumunium dengan berbagai type dan ukuran, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Koleksi Milkcan stainless

    ReplyDelete

Senang banget bila teman-teman yang mampir mau memberi komentarnya. Komentar teman-teman akan membantu saya lebih berkembang ke depannya. Salam, Rebellina :)