Friday, November 6, 2015

Bekal Sekolah Sarat Gizi: Skutel Makaroni Kukus Isi Sayur Dan Keju

http://www.dapurrebellina.blogspot.com
skutel makaroni isi sayur dan keju, cock untuk bekal snack ananda. poto pribadi dapur rebellina

Di rumah saya, tak ada yang menolak kalau saya bilang ingin masak makaroni, kecuali saya sendiri dan Fatih. Fatih sih emang pengecualian, karena menu pilihannya terbatas banget. Fatih memang picky eater, tapi walau terkesan sulit, menu makannya justru paling mudah, yakni tempe goreng kering atau goreng tepung. Sayanya aja yang sampe bosan harus menyediakan menu itu tiap hari untuknya. Eh, kok jadi bicara kesukaan Fatih. Itu postingan buat lain waktu aja deh :)

Jadi, balik ke cerita makaroni nih. Saya sih tidak begitu suka dengan makaroni, tapi beda dengan Kaka Sya, Ai dan Dek Zulfikar. Bisa dibilang makaroni mania. Mau sekedar digoreng seperti masak mi goreng, mereka suka. Apalagi dibikin skutel, ada kejunya pula. Wah.., seharian makan itu tanpa nasi sih mereka tidak keberatan. 
Enaknya kalau sedang bikin makaroni, bisa jadi salah satu menu bekal buat snack anak-anak ke sekolah. Kakak Sya sejak masuk SMP (eh sekarang bilangnya kelas VII, ya. Bukan SMP lagi..) hampir tidak pernah bawa bekal makan siang lagi. Tapi masih bawa bekal snack seperti Ai. Jadi saya tetap harus bikin cemilan sebagai bekal snack mereka. Dan, skutel makaroni ini salah satunya. 

Biasanya kalau bikin skutel makaroni, saya beri isian daging ayam, dan saus bolognese dan parutan keju serta dipanggang.  Tapi kali ini saya lagi malas bikin saus bolognese. Termasuk juga malas mengeluarkan oven tangkring alis otang tua saya.  Maunya yang praktis tapi tetep eunak dan sehat. Ya udah, berkreasi sendiri dengan bahan yang ada, sehingga jadilah skutel makaroni kukus. Isinya ada sayuran berupa wortel dan buncis. Proteinnya dari susu dan telur serta keju. Cara masaknya di kukus. Hasil jadinya, "eunak!" kata anak-anak :), Dan mereka dengan senang hati menjadikan skutel makaroni kukus isi sayur dan keju itu sebagai bekal sekolah.

Bagi yang suka menyediakan dan membuat bekal sekolah anak-anaknya, skutel makaroni kukus isi sayur dan keju ini bisa dijadikan pilihan. Mudah kok membuatnya, hanya sedikit membutuhkan waktu. Mau coba? Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan Skutel Makaroni Kukus Isi Sayur Dan Keju:

250 gr makaroni. (kebetulan di rumah bentuk pipa, saya pakai yang itu). Rebus 3/4 matang
3 butir telur, kocok lepas
3 buah sosis, potong kotak-kotak kecil (kebetulan, sedang tidak ada stok, saya ganti dengan otak-otak, potong kotak-kotak kecil). Skip saja kalau tak ada.
100 gr keju, potong kotak kecil
50 gr keju, parut (untuk toping)
2 buah wortel, potong korek api
5-10 buah buncis, iris bulat tipis
1-2 batang daun bawang, iris tipis
1 batang seledri, cincang halus
400 cc susu cair
garam, merica, gula pasir secukupnya
penyedap rasa (optional)
2 sdm maizena, larutkan dengan 200 ml air
margarin/minyak untuk mengoles.

Cara Membuat:
Campur makaroni dengan potongan keju,  wortel, buncis, daun bawang dan seledri. aduk rata. Beri susu cair dan kocokan telur, garam, gula, merica dan penyedap rasa (optional). Tambahkan larutan maizena. Aduk rata dan cicipi dulu rasanya dan sesuaikan dengan selera.

Tuangkan bahan makaroni ke dalam pinggan tahan panas/alumunium foil yang sudah dioles minyak atau margarin. Kukus sampai matang selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang, beri taburan keju parut di atasnya. Siap santap deh.
http://www.dapurrebellina.blogspot.com
skutel makaroni kukus isi sayur dan keju. poto pribadi dapur rebellina

Biasanya saya mengukus atau memanggang makaroni ini dalam wadah alumunium foil kecil, agar mudah dimasukkan dalam kotak bekal anak-anak. Berhubung al-folnya tidak ada stok, saya gantikan dengan cup kertas yang biasa untuk bikin cupcake. Jadi agak butuh usaha melepas cup kertasnya saat pengen makan makaroni ini.

Skutel makaroni isi sayur dan keju ini juga bisa disimpan dalam wadah kedap udara untuk stok 1-2 hari. Bila ingin digunakan, tinggal kukus sebentar, atau panggang. Lumayan praktis sebagai bekal sncak ananda. Sehat, dan cukup mengenyangkan. 

Selamat mencoba..




9 comments:

  1. bisa untuk berapa porsi ini Mak Rebellina, dilihat aja udah wueeenak. Ntar ah kalo ada waktu mau nyobain hihi

    ReplyDelete
  2. Pengin deh anakku cepet gede terus bikin cemilan atau bekal kayak begini ke sekolah hahaha
    Enaknya tuh makaroninya apalagi ada kejunya, dimakan pas anget enak

    ReplyDelete
  3. Emmm.... Uenakkk kayaknya ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  4. sedaaaaaaappp... saya selalu suka resep2 mbak lho... tapi masih sebatas ngumpulin dulu...
    bahannya gampang didapat, buatnya gampang... terutama karna saya ga pinter masak :D
    makasi ya mbak

    ReplyDelete
  5. Skutel nya tantiiikkk

    Anak-anak pasti suka yah

    ReplyDelete
  6. mmm...enaaak. mbak, itu dikukus hasilnya nggak basah gitu ya?

    ReplyDelete
  7. pastinya enak dan bergizi, cocok utk anak2 :)

    ReplyDelete
  8. di sini juga banyak resep, heheee. Hai Mbak, membuat makanan untuk bekal anak memang mengasyikan ya, apalagi kesukaan mereka. Kemarin Fira disuapi makaroni rebus, mau lho..nyoba ini ach

    ReplyDelete
  9. Kalo masih panas2 pasti makin nikmat hehehe

    ReplyDelete

Senang banget bila teman-teman yang mampir mau memberi komentarnya. Komentar teman-teman akan membantu saya lebih berkembang ke depannya. Salam, Rebellina :)